STANDAR HARGA PAKET UMROH KEMENAG RI 2019

Kabar miring seputar penipuan agen travel umroh sekarang ini berawal dari penawaran harga paket umroh yang murah. Sehingga banyak dari umat muslim indonesia yang dirugikan karena oknum agen travel umroh.

Oleh karena itu kita selaku umat muslim harus mengetahui patokan atau standarisasi harga paket umroh yang ditentukan oleh Kementrian Agama Republik Indonesia. Banyak dari kita selaku masyarakat awam yang tidak tau akan hal ini, sehingga banyak dijadikan modus oknum agen travel umroh untuk memberikan penawaran umroh atau haji dengan yang harga murah dibawah ketentuan Kemenag RI.


Ketentuan Standar Harga Biaya Paket Umroh KEMENAG-RI

Berapa sih harga standar paket biaya umroh sesuai aturan pemerintah yang sebenarnya?, Hal ini wajib diketahui oleh semua kalangan masyarakat muslim di Indonesia untuk dapat meminimalisir terjadinya oknum travel umroh nakal yang berulang kali.

Sesuai dengan pernyataan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin sekaligus menetapkan bahwa biaya referensi atau biaya standar penyelenggaraan umroh sebesar Rp. 20.000.000,- (Dua Puluh Juta Rupiah). Hal ini dilakukan untuk melindungi calon jamaah yang ingin pergi umroh dari penipuan oknum travel umroh.

Kisaran harga tersebut sudah disepakati oleh sejumlah asosiasi yang membawahi biro perjalanan penyelenggara umroh.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin

"Kami selaku menteri agama telah beberapa kali melakukan pertemuan dengan sejumlah asosiasi yang membawahi biro travel dan penyelenggara umroh serta kami telah sepakat bahwa biaya referensi untuk umrah itu sebesar dua puluh juta rupiah," ujar Lukman di kawasan kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada hari Selasa tanggal 27 Maret 2018.

Beliau menilai bahwa biaya sebesar itu adalah biaya rata-rata yang memadai untuk setiap biro perjalanan umroh dalam memenuhi pelayanan standar minimal calon jamaah umroh. Lukman menjelaskan dengan biaya sebesar itu biro perjalanan umroh hanya dibolehkan menggunakan maskapai penerbangan dengan sekali transit menuju Arab Saudi. Hal itu ditujukan agar supaya tidak menguras fisik para jamaah saat melakukan ibadah umroh di tanah suci.

Kisaran biaya tersebut langsung tercantumkan dalam Peraturan Menteri Agama (PMA) No.8 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Perjalanan Ibadah Umroh.

Jika masih ada yang menemui biro perjalanan penyelenggaraan umroh yang mematok harga dibawah standar harga paket umroh dari Kemenag RI sebesar Rp. 20 Juta, Lukman mengatakan kita selaku warga mulsim indonesia (calon jamaah umroh) wajib melaporkannya ke Kementrian Agama, tepatnya ke Direktorat Jendral Penyelenggaraan Haji dan Umroh.